Perkenalkan!! Cabang Hololive dari Indonesia, yaitu Hololive ID!!!

First Update, 8 April 2020
Latest Update, 12 April 2020

Keluarga Hololive, yang awalnya mereka cuma memiliki 1 anggota saja di tahun 2017. kini mereka melahirkan banyak anggota bertalenta di Cabang Utamanya yaitu Hololive JP.  apa yang membuat mereka naik daun??
Sebelum saya bahas, bagi yang masih belum kenal Hololive bisa baca Artikel yang Admin tulis sebelumnya disini .
sebenarnya Hololive bukan Perusahaan Agensi Vtuber biasa, berbeda dengan agensi lain. seperti yang dikatakan CEO Cover corp, Motoaki Tanigo atau bisa dipanggil YAGOO. Hololive diciptakan untuk membuat anggota Vtuber berkumpul menjadi suatu grup idol dan dibagi menjadi beberapa Generasi seperti AKB 48.
awalnya Netizen menganggap Hololive hanya biasa saja waktu sebelum mereka naik daun.
palingan nganggapnya "Ahh, ternyata isinya channel member mereka cuma main game atau cover lagu doank". tapi, itu semua berubah ketika mereka berkumpul menjadi suatu Grup Idol dan merilis Single Pertamanya yang berjudul "Shiny Smily Story (SSS)". lagu tersebut pertama kali muncul di MV pendek mereka waktu Musim Panas 2019. saat itu semua member dichannel mereka masing-masing secara bersamaan memposting video mereka dengan mengenakan pakaian renang di Pantai. Sumber MV bisa anda tonton disini.
MV SSS Versi Pertama awalnya dinyanyikan oleh Anggota Hololive dari Divisi 3D Former hingga Hololive Gamers. Dikarenakan Hololive merencanakan Debut Konser pertamannya pada tanggal 24 Januari 2020, pasca seminggu sebelum konser, untuk promosi ke fansnya, MV tersebut dibuat Versi Keduanya dengan dicocokkan durasi lagu SSS yang sebenarnya (Versi Penuh bukan Pendek lagi). dan Lagu SSS tersebut di remake di MV Versi Kedua dengan dibawakan oleh seluruh Member Hololive (termasuk Generasi ketiga). Generasi Keempat tidak terlibat di MV tersebut bahkan tidak ikut konser karena masih baru debut pada waktu itu. MV Versi Kedua bisa anda tonton disini.

Setelah itu, yang membuat mereka naik daun adalah adanya Anime Pendek resmi mereka yang berjudul "Holo no Graffiti", Anime tersebut hanya dapat ditonton di channel resmi Hololive JP. dan tersedia dengan berbagai Subtitle, Subtitle Indonesianya-pun juga tersedia. Anime ini per-Episodenya berdurasi 1-3 menit. awal mula Anime ini pertama kali dirilis sejak Musim Semi 2019. waktu itu masih masa-masa Jepang akan berganti Era dari Heisei ke Reiwa. 

Hololive juga naik daun pesat saat Konser Hololive 1st fes - Nonstop Story yang digelar pada 24 Januari 2020. bahkan saat konser itu digelar, jadi Viral Trending Topic no.1 di Twitter Jepang.

Sejarahnya, kenapa tiba2 Netizen Wibu Indonesia banyak yang kenal Hololive?
nah, sejarahnya dimulai dari awal Mei 2019. ada Teaser game Azur Lane yang rencananya bakal collab dengan Hololive. di Teaser Versi Pertama tersebut cuma memunculkan si Shirakami Fubuki (Hololive JP Generasi Pertama). si Fubuki oleh fans dikaitkan dengan Karakter Kawakaze dari Azur Lane karena mirip. lalu pada akhirnya Event Collab Hololive di game Azur Lane digelar pada bulan November 2019. dan pada saat itulah, Hololive booming dimata Player Azur Lane dan Netizen Vtuber di Indonesia dan diluar Jepang. sayangnya waktu collab tersebut, tidak semua Anggota Hololive yang muncul di game, hanya beberapa Anggota saja seperti Tokino Sora,Fubuki,Matsuri,Aqua,Shion,Ayame, dan Mio.

Tidak hanya collab dengan Azur Lane, mungkin bisa jadi Netizen Wibu Indonesia kenal Hololive karena Shirakami Fubuki pernah collab dengan Vtuber no.1 di Indonesia, yaitu Maya Putri di Event V-Ani pada tanggal 13 Agustus 2019. anda bisa cek video Archive Livestreamnya disini.
untuk melihat collab mereka yang disingkat, bisa cek disini.

Selain itu, di tahun 2019. Warganet penonton Vtuber Indonesia juga dikejutkan oleh Nijisanji ID yang debutnya terlalu cepat. karena Nijisanji membuka cabang di Indonesia, fans Vtuber-pun juga berharap, kapan Hololive ada di Indonesia?

Setelah Collab Azur Lane tersebut Netizen Wibu Indonesia-pun mencari tahu, siapa itu Hololive??
Perlahan-lahan Netizen kenal Hololive karena menonton mereka lewat channel Youtube mereka masing-masing. Hololive dapat menghibur Netizen dengan konten seperti main game,melihat sisi sifat mereka yang kocak, dan menggemaskan. sehingga dapat menarik perhatian Netizen.

karena boomingnya Hololive & Antusias Netizen Indonesia dengan Hololive, dan dikarenakan monitoring IP penonton Hololive dari Indonesia cukup banyak, maka Hololive Utama (Hololive JP) membuka Cabang Hololive di Indonesia, yaitu Hololive ID. dan tidak  lama kemudian Audisi Pertama Hololive ID digelar. Pendaftaran tersebut dibuka dari tanggal 27 Desember 2019 hingga 14 Januari 2020. Audisi tersebut diseleksi dengan ketat, bahkan banyak peserta yang mengikutinya. seleksi tersebut akan memilih peserta dengan prestasi yang berkualitas. seminggu sebelum mereka diumumkan akan debut, Staff Hololive ID mengejutkan Netizen dengan lelucon April Mop.
Staffnya membuat postingan yang berisikan Siluet member Hololive ID yang akan debut. 
Dari gambar tersebut memang siluet dari 3 Anggota Generasi Pertama Hololive ID, walau cuma kepalanya yang asli dan ekor duyungnya saja yang palsu.
Saat April Mop (1 April 2020), fans Hololive ID awalnya mengira bahwa itu adalah Siluet Ikan Duyung. setelah Moona menjelaskan sendiri kalau itu hasil gambarannya di Livestream debutnya pada tanggal 11 April 2020, fansnya langsung mengetahui bahwa gambar tersebut ternyata adalah Ikan Lele.

Setelah penantian panjang, akhirnya mereka  bertiga akan debut diumumkan oleh Staff Hololive ID pada tanggal 6 April 2020. kemunculan mereka bikin heboh fans Hololive diseluruh dunia bahkan fansnya di Jepang.
Berita ini sampai terdengar ke Hololive Jepang, mereka bertiga (Risu,Moona,Iofi) sampai disambut hangat oleh Shirakami Fubuki & Aki Rosenthal di Twitter.
mereka-pun diumumkan juga langsung ke fans Hololive Jepang oleh Kiryu Coco dichannelnya lewat video livestream Asacoco News yang mengudara pada tanggal 7 April 2020 Jam 5:00 WIB (Jam 7:00 JST).

Baiklah kita langsung saja berkenalan dengan anggota Hololive ID, jadi simak penjelasan berikut ini.


1). Generasi Pertama
Hololive ID menirukan budaya Hololive Jepang, dengan mencontoh mereka seperti Jarak antara Audisi sampai Debutnya dengan proses yang begitu lama, dibutuhkan 3-4 bulan. bahkan Jikalau debut satu generasi, maka satu Generasi tersebut berisikan lebih dari satu anggota. lalu, hari debut anggotanya juga satu persatu bergantian. Generasi Pertama Hololive ID, diantaranya siapa saja?

  • Ayunda Risu

Info Media : Youtube | Twitter | Instagram | Facebook

Risu, adalah Vtuber yang debut pada tanggal 10 April 2020.
Dia memiliki karakteristik sebagai Gadis Tupai.
Trivia : banyak fans yang beranggapan dia mirip Korone, dan tentu saja si Risu sendiri memang penggemar beratnya Inugami Korone.
Dia sangat hobi bernyanyi & belajar melakukan hal baru.
Dia juga mempunyai kelemahan, yaitu takut Serangga dan Hantu, bahkan Anjing.

  • Moona Hoshinova

Info Media : Youtube | Twitter | Instagram | Facebook
Moona, adalah Vtuber yang debut pada tanggal 11 April 2020
Dia adalah seorang Mahasiswi yang memiliki hobi model & ingin menjadi idol.
namun, dia mempunyai ekspresi datar karena penakut. atau bisa dibilang dia itu "Kuudere".
NB : Pesan dari Admin, tolong jangan panggil nama fans Moona dengan sebutan "Moonafic".
dari hasil vote yang telah diputuskan, panggilan fansnya lebih cocok kalau disebut "Moonarian". percuma juga sih, pada akhirnya pada Livestream debutnya, dia malah lebih suka menggunakan Moonafic daripada Moonarian. dan ternyata arti "Moonafic" menurut Moona sendiri adalah bukan Munafik, tetapi adalah "Moona+Fanatic".
Fansnya juga iseng-iseng memanggilnya "Moonaroh".
Trivia : Dia mempunyai hobi Menyanyi,Menari,Menggambar, dan Bermain Game.
Para Fansnya juga menganggap Moona mirip dengan Watame. karena kasus Laging Stream yang pada awalnya juga pernah dialami Tsunomaki Watame dari Generasi keempat (Hololive Jepang), dan karena Moona bilang "Karena Internetnya nge-lag jadi bukan salah Moona". Perkataannya itu sangat persis yang Watame dulu katakan yaitu, "Watame wa Warukunai yo ne".
Saking sukanya dengan Spongebob, dia selalu posting gambar Spongebob di Medsos-nya atau mengcover lagu Spongebob di Livestreamnya.

Dia juga kandidat V-Liver yang dinobatkan sebagai "MemeQueen", dikarenakan dia mempersilahkan Meme buatan fansnya melalui tagar #GrassMoona di Twitter.
kenapa namanya harus #GrassMoona?, sejarahnya adalah berawal dari kata "草" (dibaca "Kusa"). Kusa sering dipakai untuk komentar live chat oleh penonton Vtuber di Jepang. mereka memakainya pada saat ada adegan kocak yang menimpa Vtuber tersebut. jadi Kusa dianggap sama seperti kata "LOL" (Laugh Out Loud). Kusa juga dalam Bahasa Jepang memiliki arti Rumput. apa alasannya harus di bahasa Inggriskan ke Grass?
Sejarahnya berawal dari Livestream Watame no Uta oleh Tsunomaki Watame yang diluncurkan pada tanggal 2  April 2020. divideo itu muncul si Coco yang memberi Komentar kepada penonton. Coco berkata, "Dikarenakan kita melihat perkembangan Globalisasi, ini saatnya kalian berhenti berkata "Kusa", dan lebih baik mulailah berkata "Grass"".
dan karena itulah, lelucon dari Coco sampai dibawa oleh fans dan anggota Hololive ID sendiri.
kalian penasaran dengan sumbernya? Cek videonya disini. (Durasi menit ke 5:32).

  • Airani Iofifteen

Info Media : Youtube | Twitter | Instagram | Facebook
iofi, adalah Vtuber yang debut pada tanggal 12 April 2020.
Dia mempunyai Karakteristik Gadis Alien, dia turun ke bumi karena tertarik dengan kegiatan manusia. Dia itu maniak melukis dan menggambar, dan juga hidup berdampingan dengan manusia sebagai seorang Mahasiswi yang mengambil Jurusan DKV.
Trivia : belum saja dia debut, sudah dibikin heboh fans Hololive. karena dia bisa menguasai 7 Bahasa, yaitu Bahasa Indonesia,Inggris,Jepang,Korea,Jerman,Alien, dan Bahasa Daerah (Sunda).
Bahkan dia juga ingin belajar Bahasa Rusia.

Dia sebagai Alien juga mempunyai Kekuatan, yaitu barrier (pelindung diri),telepati, dan cuci otak.




Baiklah, sampai disini pembahasannya.
Jika ada pertanyaan, harap komentar dibawah.
Postingan ini akan diperbarui lagi jika dimasa mendatang akan ada Anggota Hololive ID baru yang debut lagi.
Sekian Terima Kasih.
Share on Google Plus

About Hilmy Zaidan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar